Sop penimbangan berat badan lansia

Tujuan Untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan anak balita yang di posyandu pada wilayah kerja puskesmas bulukunyi 3. Pelaksanaan rujukan ke Puskesmas bilamana ada keluhan dan atau ditemukan kelainan pada pemeriksaan butir 1 hingga 7.

Jumlah ditimbang D 3. Dukungan keluarga sangat berperan dalam mendorong minat atau kesediaan lansia untuk mengikuti kegiatan posyandu lansia. Penurunan kesadaran b. Kacang ijo, kacang kedelai, kacang merah, kacang tanah, oncom, tahu, tempe.

Contoh menu: Lamannya hidup dalam tahun yang dihitung sejak dilahirkan. Soetjiningsih, Pemeriksaan hemoglobin menggunakan talquist, sahli atau cuprisulfat Pemeriksaan adanya gula dalam air seni sebagai deteksi awal adanya penyakit gula diabetes mellitus.

Very old di atas 80 tahun. Untuk mencapai keberhasilan tersebut erat kaitannya dengan pembinaan dan pengembangan SDM Sumber Daya Manusia sebagai modal dasar pembangunan nasional.

Untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan di Posyandu Lansia, dibutuhkan, sarana dan prasarana penunjang, yaitu: Makanan harus mengandung zat gizi dari makanan yang beraneka ragam, yang terdiri dari: Lansia terutama rentan terhadap konstipasi karena penurunan pergerakan usus.

Mata cekung d. Nasi, sayur bayam, tempe goreng, pepes ikan, pisang 2 3. Kebiasaan makan banyak pada waktu muda menyebabkan berat badan berlebih, apalai pada lansia penggunaan kalori berkurang karena berkurangnya aktivitas fisik.

Petugas berkunjung ke posyandu paling lambat jam Notoatmodjo, Dapat terjadi sesak nafas c. Dengan menghadiri kegiatan posyandu, lansia akan mendapatkan penyuluhan tentang bagaimana cara hidup sehat dengan segala keterbatasan atau masalah kesehatan yang melekat pada mereka.

Young old 70 — 75 tahun2. Siapkan makanan dan minuman yang akan diberikan 2. Angka-angka kesakitan maupun kematian didalam hampir semua keadaan menunjukkan hubungan dengan umur Notoatmodjo, Betz, Notoatmodjo, Pendapatan keluarga yang memadai akan menunjang tumbuh kembang anak, Karena orang tua dapat menyediakan semua kebutuhan anak baik yang primer maupun yang sekunder Soetjininsih, Pada keluarga dengan keadaan sosial ekonomi yang kurang, jumlah anak yang banyak akan mengakibatkan selain kurangnya kasih sayang dan perhatian anak, juga kebutuhan primer seperti makanan, sandang dan perumahanpun tidak terpenuhi oleh karena itu keluarga berencana tetap diperlukan.

Marhadi, SKM, M. Lansia mempunyai pusat haus yang kurang sensitif dan mungkin mempunyai masalah dalam mendapatkan cairan misalnya gangguan dalam berjalan atau mengungkapkan keinginan untuk minum misalnya pasien stroke. Pemeriksaan ini berhubungan dengan mental emosional dengan menggunakan pedoman metode 2 dua menit.

Adapun prinsip pemberiannya adalah sebagai berikut: Pemeriksaan ini berhubungan dengan mental emosional dengan menggunakan pedoman metode 2 dua menit. Pendapatan yang kurang, kurang bersosialisasi, hidup sendirian, kehilangan pasangan hidup atau teman, kesulitan mengunyah, pemasangan gigi palsu yang kurang tepat, sulit untuk menyiapkan makanan, sering mangkonsumsi obat-obatan yang mangganggu nafsu makan, nafsu makan berkurang, makanan yang ditawarkan tidak mengundang selera.

Turgor kulit menurun Lansia kurang akurat Perilaku: Berkurangnya indera pengecapan mengakibatkan penurunan terhadap cita rasa manis, asin, asam, dan pahit. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa dari ke empat Posyandu tersebut cakupan penimbangan balita yang paling rendah terdapat pada poyandu.

Kebijakan 4.

Sop Posyandu Lansia 2017

Pastikan pula selang dalam keadaan tertutup selama tidak diberi makan. Bahan makanan yang mengandung lemak seperti minyak, santan, mentega, margarine, susu dan hasil olahannya.

Untuk pelaksanaan Program KUnjungan Lansia ini minimal dapat dilakukan 1 bulan sekali atau sesuai dengan program pelayanan kesehatn puskesmas setempat. Jumlah sasaran s 2.

Sop Posyandu Balita

Meja I, meliputi kegiatan pendaftaran lansia, pengukuran tinggi badan dan penimbangan berat badan.2) MEJA 2: PENIMBANGAN Kader melakukan pengukuran tinggi badan, berat badan, dan tekanan darah 3) MEJA 3: PENCATATAN: Pencatatan (Pengisian Kartu Menuju Sehat).

Kader melakukan pencatatan di KMS lansia meliputi: Indeks Massa Tubuh, tekanan darah, berat badan, tinggi badan.

Sop Posyandu Lansia

Oct 15,  · Thank you for visiting our website and your interest in our free products and services. We are nonprofit website to share and download documents. sop menimbang berat badan Narita Aprilia Lampiran 1 SOP MENIMBANG BERAT BADAN A.

Tujuan: Mengetahui berat badan B.

Seputar Posyandu Lansia

Sasaran: Petugas medis C. Sarana: 1. Scribd is the world's largest social reading and publishing site. Mar 29,  · Pada seorang wanita yang pernah melakukan penimbangan berat badan bayi/balita, maka lebih baik dari pada ibu yang jarang melakukan penimbangan berat badan bayi/balita (Arikunto, ).

Laju kelahiran yang tinggi berkaitan dengan kejadian kurang gizi, karena jumlah pangan yang tersedia untuk suatu keluarga yang besar mungkin cukup untuk keluarga. Sementara mekanisme Pelayanan Posyandu Lansia hanya menggunakan sistem pelayanan 3 meja, dengan kegiatan sebagai berikut: Meja I, meliputi kegiatan pendaftaran lansia, pengukuran tinggi badan dan penimbangan berat badan.

Meja II, meliputi kegiatan pencatatan berat badan, tinggi badan, Indeks Massa Tubuh (IMT).

Sop penimbangan berat badan lansia
Rated 4/5 based on 56 review