Metabolisme lipid biokimia

Malam sering digunakan sebagai lapisan pelindung untuk kulit, rambut dan lain-lain. Lipase pencernaan disekresikan ke dalam lumen usus halus yang bercampur dengan permukaan butran-butiran lemak yang besar. Bacaan lebih lanjut. Badan-badan keton dapat menyebabkan gangguan keseimbangan asam-basa yang dinamakan asidosis metabolik.

Pada hewan dan archaea, jalur mevalonate menghasilkan senyawa ini dari asetil-KoA, sedangkan pada tumbuhan dan bakteri non-jalur mevalonate menggunakan piruvat dan gliseraldehida 3-fosfat sebagai substrat.

Asetil KoA mengalami kolesterogenesis menjadi kolesterol. Lemak dan minyak keduanya merupakan trigliserida. Secara ringkas, hasil akhir dari pemecahan lipid dari makanan adalah asam lemak dan gliserol.

VLDL terdegradasi di dalam jaringan adiposa menjadi LDL yang kemudian bersirkulasi sebagai lipoprotein utama yang mengangkut kolesterol. Biosintesis Pada hewan, bila ada kelebihan pasokan karbohidrat makanan, kelebihan karbohidrat diubah menjadi triacylglycerol.

Steroid adalah senyawa turunan siklopentanofenantren, karenanya berbeda dari lipid yang tersusun dari asam lemak. Lipid diet utama bagi manusia dan hewan lainnya hewan dan tumbuhan trigliserida, sterol, dan fosfolipid membran.

Monoasilgliserol juga mempercepat kerja detergen dari garam empedu, yang kemudian mempermudah emulsifikasi triasilgliserol dan vitamin-vitamin yang larut menuju permukaan sel epitel usus, dimana asam lemak, vitamin-vitamin yang larut dalam lemak, dan 2-monoasilgliserol dilepaskan dari misel.

Lipid Sederhana: Asam-asam lemak rantai pendek juga dapat melalui jalur ini. Terpene dan isoprenoidnya, termasuk karotenoid, dibuat oleh perakitan dan modifikasi unit isoprena disumbangkan dari prekursor isopentenil pirofosfat reaktif dan pirofosfat dimethylallyl. Asam lemak tak jenuh dan aneh-rantai membutuhkan langkah-langkah enzimatik tambahan untuk degradasi.

Biochemistry Illustrated. Stereokimia, Karbohidrat, Lemak dan Protein. Tarigan, P. Rantai asil dalam asam lemak diperluas oleh siklus reaksi yang menambahkan gugus asetil, mereduksinya menjadi alkohol, dehidrasi untuk kelompok alkena dan kemudian mengurangi lagi untuk kelompok alkana.

Biokimia Lipid

Proses metabolisme lipid menyintesis dan degradasi lipid toko dan menghasilkan lipid struktural dan fungsional karakteristik dari jaringan individu.

Kelompok ini dikenal sebagai glikolipid atau senyawa serebrosida. Paraffin padat walau kelihatannya seperti malam, sering disebut salah sebagai paraffin wax adalah campuran dari senyawa hidrokarbon padat dan bukan ester. Steroid termasuk turunan inti dari perhidroksiklopentanofenantren yang terdiri dari cincin sikloheksana Berdasarkan struktur, steroid adalah derivat hidrokarbon aromatik tereduksi perhidrosiklopentanofenantren, dimana senyawa ini disintesis dalam sistim hidup dari isoprena melalui skualena.

Kimia Makanan. Lilin hanya larut dalam pelarut lemak, sebab itu lilin pada tumbuhan berfungsi sebagai lapisan pelindung dari air, lilin tidak berfungsi sebagai bahan nutrisi, sebab tidak terhidrolisis dan tidak diuraikan oleh enzim pengurai pada lemak.

Steroid banyak terdapat di alam dengan jumlah yang terbatas gambar 13aktivitas biologis yang penting adalah pada asam empedu, hormone sex baik jantan atau betina, hormon korteks adrenal dan racun. Jika sewaktu-waktu tak tersedia sumber energi dari karbohidrat barulah asam lemak dioksidasi, baik asam lemak dari diet maupun jika harus memecah cadangan trigliserida jaringan.

HDL mengandung suatu enzim yang mengubah kolesterol bebas menjadi ester kolesterol. Proses oksidasi asam lemak dinamakan oksidasi beta dan menghasilkan asetil KoA.

Edisi 4. Vol 1,2,3. Lehninger, A.

Poedjiadi, A. Dasar-Dasar Biokimia.Find what you need on festival-decazeville.com News, gossip, sports - whatever you. 2/11/ 2 DEFINISI Lipid adalah segolongan senyawa yang relatif tak larut dalam air tetapi larut dalam pelarut nonpolar Turunan/berkaitan de-ngan asam lemak.

Proses metabolisme lipid menyintesis dan degradasi lipid toko dan menghasilkan lipid struktural dan fungsional karakteristik dari jaringan individu. Biosintesis Pada hewan, bila ada kelebihan pasokan karbohidrat makanan, kelebihan karbohidrat diubah menjadi triacylglycerol.

Yang termasuk lipid kompleks adalah lipid yang terdapat dalam alam bergabung dengan senyawa lain, misalnya dengan protein atau dengan karbohidrat. Ikatan antara lipid dengan protein disebut lipoprotein, terdapat dalam plasma darah. Bagian lipid dalam lipoprotein pada.

Weblog dr. Suparyanto, festival-decazeville.com berisi tentang materi kesehatan, taushiyah agama Islam dan akreditasi Puskesmas. Banyak kekurangan dalam penulisan, untuk itu saran dan kritik untuk perbaikan penulisan sangat festival-decazeville.com: Dr.

Suparyanto, festival-decazeville.com  · METABOLISME LIPID. Disajikan sebagai Bahan Kuliah Biokimia bagi Mahasiswa D III Kebidanan. Penyusun: Heru Santoso Wahito Nugroho, festival-decazeville.com, Ns., festival-decazeville.com

Metabolisme lipid biokimia
Rated 5/5 based on 12 review