Kenaikan berat badan sapi dengan pakan ternak

Pemberian konsentrat kepada sapi ternak hanya sebagai pelengkap kebutuhan zat gizi. Pengaturan panas tubuh dan pembuangannya pada keadaan kelebihan panas dilakukan ternak dengancara radiasi, konduksi, konveksi dan evaporasi. Murtidjo, Di indonesia cukup banyak dikenal sapi potong lokal, jenis sapi potong impor, maupun sapi nperanakan atau hasil silangan yang dikembangkan lewat kawin suntik inseminasi buatan.

Perkandanagan Pembuatan kandang harus sesuai dengan kebutuhan dan kegiatan dalam pemeliharaan sapi potong antara lain: Neraca vitamin dan mineral mempengaruhi jumlah produk secara tidak langsung, karena metabolisme protein, karbohidrat dan lemak banyak bergantung pada kehadirannya.

Metode Hamparan Merupakan metode sederhana, dilakukan dengan cara meghamparkan hijauan yang sudah dipotong di lapangan terbuka di bawah sinar matahari. Ledakan penduduk di sebagian besar dunia menimbulkan kegentingan pada industri pertanian yang hingga saat ini masih belum diketahui efeknya.

Unsur nutrisi yang terkandung di dalam bahan pakan secara umum terdiri atas air, mineral, protein, lemak, karbohidrat dan vitamin. Biasanya terbagi atas: Kemudian berat badan diukur dengan menggunakan formula: Moringa telah dilaporkan menghasilkan lebih dari ton bahan hijau per hektar.

Cara Penggemukan Sapi Jantan Dengan Mudah Dan Cepat Panen

Lakukan ini selama 35 hari. Namun kesuksesan dalam usaha ternak sapi ini dapat dipengaruhi oleh tiga faktor utama. Umumnya pelepah daun sawit ini dipotong oleh petani sebelum buah dipanen. Jarak antar bangunan yang bukan kandang minimal 25 meter.

Jerami Jagung Ditinjau dari nilai gizinya jerami jagung lebih rendah dari jerami kacang-kacangan, tetapi masih lebih baik dibandingkan nilai gizi jerami padi dan lebih disukai ternak.

Manfaat Kelor yang Menakjubkan sebagai Pakan Ternak

Oleh karena itu penentuan desain kandang yang tepat, mudah, efektif dan juga efisien sangat dibutuhkan. Letak kandang isolasi harus di belakang dan agak jauh dari bangunan lainnya.

Vitamin dan Suplemen Pakan Sapi Untuk Meningkatkan Bobot Ternak

Jerami merupakan salah satu bahan makanan yang mutuny rendah. Rumus untuk ini adalah: Pengolahan bahan pakan yang dilakukan secara fisik pemotongan rumput sebelum diberikan pada ternak akan memberi kemudahan bagi ternak yang mengkonsumsinya.

Konsentrat pakan penguat Contoh: Penilaian keadaan individual sapi potong yang akan dipilih sebagai sapi potong bibit atau bakalan, pada prinsipnya berdasarkan pada umur, bentuk luar tubuh, daya pertumvbuhan dan temperamen Namun secara praktis yang umumnya dipergunakan dalam penilaian individual, adalah mengamati bentuk luar, yakni bentuk tubuh umum, ukuran vital dari bagian-bagian tubuh, normal tidaknya pertumbuhan organ kelamin, dan dari sudut silislah tidsak terlepas dari faktor genetis sapi potong.

Indonesia kaya akan berbagai macam ternak, dan sapi merupakan ternak yang mempunyai banyak manfaat. Kelompok hijauan yang terdiri dari beberapa macam rumput rumput gajah, rumput benggala dan rumput setaria.

Jenis Pakan Ternak Sapi dan Cara Pemberiannya Agar Sapi Cepat Gemuk

Diantara waktu pemberian pakan sapi ternak tersebut yaitu: Hal ini perlu dilakukan karena ketersediaan sangat dipengaruhi oleh musim dan semakin terbatasnya padang pengembalaan disamping itu nilai gizi yang dikandung sangat rendah.

Tidak mengherankan, bahwa sampai sekarang sebagian besar bibit sapi Brahman Amerika Serikat diekspor ke berbagai negara, dan masuk Indonesia sejak tahun Keuntungan yang diharapkan adalah hasil penggemukan.Cara Penggemukan Sapi Jantan Dengan Mudah Dan Cepat Panen.

Cara penggemukan sapi jantan adalah dengan memberikan pakan pada sapi yang memiliki kandungan gizi yang mencukupi kebutuhan sapi. Dalam peternakan sapi potong, segala upaya dilakukan agar sapi yang dipelihara cepet mengalami kenaikan berat badan.

Salah satu cara baru yang dapat diterapkan dalam upaya penggemukan sapi potong adalah dengan penggunaan pakan tambahan. Pelepah dan daun kelapa sawit yang digunakan sebagai sumber atau pengganti pakan hijauan memiliki keterbatasan atau kendala yaitu disebabkan karena adanya lidi pada pelepah daun sawit yang akan menyusahkan ternak dalam memakannya.

Dengan pakan kelor, kenaikan berat badan sapi per hari setiap hari adalah gram / hari, dibandingkan dengan gram / hari tanpa pakan kelor. Baik sebagai makanan ataupun pakan ternak, manfaat kelor menjadi semakin jelas.[]. · Pakan hijauan diberikan pada siang hari setelah pemerahan sebanyak kurang lebih kg atau kurang lebih sekitar 10% berat badan sapi per ekor setiap harinya setelah sapi diperah agar susu hasil perahan tidak berbau.

Bagi sapi yang menyusui bisa diberikan pakan 25% lebih banyak agar gizinya selama menyusui juga tercukupi.

· Contoh cara membuat ransum pakan untuk seekor sapi jantan potong yang mempunyai berat badan sekitar Kg, sapi ini akan digemukkan dengan target kenaikan berat badan 1 Kg/hari.

Sedangkan bahan pakan yan tersedia untuk membuat ransum yaitu rumput gajah atau rumput raja, dedak padi kasar, dan onggok (ampas singkong).

Kenaikan berat badan sapi dengan pakan ternak
Rated 0/5 based on 38 review