Jurnal sistem pengukur berat dan tinggi badan menggunakan mikrokontroler

Nuryanto, R. Dari rancang bangun mekanik, hardware dan software yang telah dibuat dapat diujikan untuk tes uji pengukuran massa pada suatu benda dengan kapasitas maksimum gram.

Laporan Tugas Akhir Jurusan Teknik 6. Namun disini penulis menggunakan metode yang sama untuk mengukur jarak suatu objek dengan cara memantulkan gelombang ultrasonik ke objek dan kemudian ditangkap melalui reciver.

Alat ukur ini menggunakan Arduino Uno sebagai otaknya, sensor ultrasonik untuk mengukur tinggi badan, dan sensor strain gauge untuk mengukur berat badan. Sering kali dijumpai di tempat-tempat seperti apotik, Setelah berat dan tinggi diketahui maka akan diketahui praktek dokter umum, tempat kebugaran orang yang beratnya ideal atau tidak.

Diagram blok sistem hanya dapat merambat dan bergetar melalui suatu secara keseluruhan dapat dilihat pada Gambar 1. Apabila pada rangkaian ada yang mengalami permasalahan, maka dilakukan analisa kerusakan, kesalahan penggunaan atau pemasangan komponen dan jika memungkinkanrangkaian dapat dimodifikasi atau memperbaiki perancangan rangkaian.

APLIKASI MIKROKONTROLER PADA MODEL MESIN PEMILAH KAYU OTOMATIS

Besarnya kebutuhan kalori dasar ini ditentukan oleh genetik atau keturunan. Sebagai referensi untuk penelitian menganalisis pertumbuhan bayi.

Kata Kunci: Perancangan alat ini dapat di implementasikan sebagai alat pengukur tinggi badan yang sah di Universitas Abdurrab pada saat penerimaan mahasiswa baru untuk prodi kesihatan. Sensor PING dalam sistem ini berfungsi untuk mengukur tinggi badan.

Diagram blok sistem secara keseluruhan dapat dilihat pada Gambar 1. Implementasi Hardware dan Software Dilakukan pembuatan konstruksi mekanik, pembuatan elektronik yaitu pembuatan modul-modul rangkaian seperti modul LCD sebagai tranduser, penguat, konverter ADC, sistem minimum mikrokontroler, serta pembuatan software menggunakan program assembler.

Apabila operasi kerja rangkaian mengalami permasalahan, maka dilakukan analisa kerusakan, kesalahan penggunaan atau pemasangan komponen dan jika memungkinkan rangkaian dapat dimodifikasi atau memperbaiki perancangan rangkaian. Ini berarti, catu daya sudah baik digunakan untuk rangkaian minimum mikrokontroler ATmega, rangkaian sensor dan rangkaian penguat non-inverting.

Karya Ilmiah Teknik Elektro

Therefore, in this study, it was designed and realized a measuring instrument which can simultaneously measure the height and weight as well as providing the ideal information whether or not the weight measured.

Gambar 3 Rangkaian sensor cahaya 2. Dan akan menghasilkan pulsa low jika terhalang sesuatu maka tahanan pada penerima akan besar sehingga arus tidak mengalir. Dengan KMS gangguan pertumbuhan Menentukan Status Pertumbuhan Anak atau resiko kelebihan gizi dapat diketahui Status pertumbuhan anak dapat lebih dini, sehingga dapat dilakukan diketahui dengan 2 cara yaitu dengan tindakan pencegahan secara lebih cepat dan menilai garis pertumbuhannya, atau dengan tepat sebelum masalahnya lebih berat.SISTEM PENGUKUR BERAT DAN TINGGI BADAN MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER AT89S51 Thomas1, Johan.K.W2, Henhy3 PENDAHULUAN erat badan ideal merupakan dambaan dari setiap manusia baik tua maupun muda, karena baik dari segi penampilan fisik maupun dari segi kesehatan.

Terutama kaum muda lebih banyak yang mendambakan. sistem pengukur berat dan tinggi badan menggunakan mikrokontroler at89s51 Diposting oleh Sukrin M E.K Harahap di 0 komentar Kirimkan Ini lewat Email BlogThis! Pada proses pengolahan data, sistem ini menggunakan mikrokontroler ATmega 32 kemudian hasilnya ditampilkan pada LCD.

Sedangkan untuk memasukkan parameter berupa tinggi badan, berat badan, umur, dan jenis kelamin sistem ini menggunakan festival-decazeville.com: TEKNIK Definisi Kelebihan Berat Badan Dan Obesitas.

PERANCANGAN ALAT PENGUKUR TINGGI BADAN DIGITAL DENGAN METODE SONAR

Enviado por Yetta Suryani. Direitos autorais: Attribution Non-Commercial (BY-NC) Baixe no formato DOC, PDF, TXT ou leia online no Scribd. Sinalizar por conte├║do inapropriado. PDF | ABSTRAK Alat pengukur tinggi badan dan penimbang berat badan yang sekaligus memberikan informasi berat badan ideal akan sangat bermanfaat bagi para pengguna.

Oleh karena itu, dalam.

Sistem Pengukur Berat dan Tinggi Badan Menggunakan Mikrokontroler At89s51

rancang bangun alat ukur tinggi dan berat badan bayi berbasis mikrokontroler atmega dengan sensor fototransistor. home ; rancang bangun alat ukur tinggi dan berat badan bayi berbasis mikrokontroler atmega dengan sensor fototransistor.

Jurnal sistem pengukur berat dan tinggi badan menggunakan mikrokontroler
Rated 4/5 based on 41 review