Diet pengaturan makan pada atlet remaja.pdf

Karbohidrat menyediakan energi untuk bergerak, sedangkan protein dan lemak membuat energi tersebut berlangsung lebih lama dan membuat Anda tetap terpuaskan. Schwartz menyarankan untuk tidak mengonsumsi makanan yang membuat Anda merasa berat atau lamban.

Cek gula darah secara rutin akan menjaga kadar gula darah di kisaran normal. Pemberian suplemen makanan karbohidrat bisa berupa cairan ataupun padat tergantung kesukaan atlet dan jenis olahraganya.

Untuk itu olahragawan tidak dianjurkan mengonsumsi protein yang berlebihan high protein intake. Energi tersebut dibutuhkan untuk mempertahankan fungsi vital tubuh berupa metabolisme makanan, sekresi enzim, sekresi hormon, maupun berupa denyut jantung, bernafas, pemeliharaan tonus otot, dan pengaturan suhu tubuh.

Pola makan kali sehari dengan 3 kali waktu makan utama disertai selingan bisa digunakan oleh atlet selama di pelatnas. Seminar nasional gizi dan olahraga.

Namun waktu makan yang terakhir ini juga harus disesuaikan dengan kebiasaan makan atlet. Selain itu juga untuk membantu tubuh mencerna makanan secara efisien. Makanlah makanan yang kadar lemaknya rendah, karena proses pencenaan lemak membutuhkan waktu lama.

Makan usai latihan. Sebenarnya kebutuhan protein relatif sedikit sehingga apabila asupan makanan sehari-hari sudah mencukupi kebutuhan zat gizi termasuk protein maka suplemen protein asam amino tidak diperlukan.

Namun, sebaiknya konsumsi susu rendah lemak agar lebih mudah dicerna. Namun karena latar belakang yang berbeda ada kalanya kondisi fisik atau status gizi belum optimal. Pengaturan makanan pada penderita kencing manis harus memperhatikan seluruh unsur yang diperlukan tubuh.

Makanan yang dikonsumsi atlet harus tetap mengikuti pola makan seperti di pemusatan latihan. Namun, penetapan kebutuhan energi secara tepat tidak sederhana dan sangat sulit. Jadi sangat disarankan bagi penderita diabetes untuk rajin berolahraga. Orang dengan berat badan yang besar dan proporsi lemak yang sedikit mempunyai Metabolisme basal lebih besar dibanding dengan orang yang mempunyai berat badan yang besar tapi proporsi lemak yang besar.

Kacang-kacangan Clark menegaskan bahwa kacang merupakan 'teman' terbaik para atlet, karena kacang bisa menjadi sumber energi yang sempurna sekaligus makanan diet.

Latihan dengan intensitas tinggi misalnya sprint memacu kerja jantung dengan lebih keras sehingga konsumsi oksigenpun meningkat yang berarti metabolisme tubuh juga meningkat sehingga makin banyak lemak yang dipakai untuk pembakaran.

Jangan lupa dengan vitamin dan mineral. Minum air sebanyak — cc, pada waktu 30 — 60 menit sebelum pertandingan dan saat istirahat diantara pertandingan sangat dianjurkan.8.

Makan jenis makanan yang kaya kalsium untuk atlet wanita, terutama pada atlet yang mengalami gangguan menstruasi atau amenorea. 9.

PENGATURAN MAKAN PADA ATLET

Makan jenis makanan yang kaya zat besi terutama atlet wanita dan yang vegetarian. Pengaturan makan atau diet hendaknya dapat diterapkan oleh semua atlet Indonesia.

Pengaturan gizi yang meliputi pengaturan makan ini hendaknya dapat disosialisasikan di Author: Silla Blog. jadi diet adalah dimana adanya pengaturan pola makan, baik ukuran, porsi dan kandungan gizi dari asupan yang dikonsumsi serta adanya pengaturan jenis dan jumlah makanan dengan maksud tertentu seperti mempertahankan kesehatan, mencapai status gizi.

Pengaturan diet makanan adalah faktor penting pada penderita diabet, karena ini juga menjadi kunci dalam menjaga kadar gula darah. Meskipun bisa juga mengantungkan selamanya pada penggunaan obat-obatan diabet, namun jelas lebih aman bila ada keseimbangan dalam diet makanan.

Das moderne 2-er Set Beistelltische CALA überzeugt durch seine Optik. Pengaturan makan ini bertujuan untuk memulihkan glikogen otot, status hidrasi dan keseimbangan elekrolit pada atlit.

Adapun hal-hal yang harus diperhatikan/dilakukan oleh atlit setelah pertandingan. Setiap penurunan gram berat badan, maka tubuh memerlukan air ± cc air.

Pada saat bertanding perlu tambahan cairan (minum air putih/ jus buah) untuk mengganti cairan tubuh yang keluar melalui keringat sehingga dapat mencegah terjadinya kekurangan cairan tubuh (dehidrasi). Sedangkan pengaturan makan setelah pertandingan ditujukan untuk mempertahankan serta meningkatkan status gizi dan kondisi fisik pemain.

Diet pengaturan makan pada atlet remaja.pdf
Rated 0/5 based on 23 review